logo PAS 200px

PPID

DIREKTORAT JENDERAL

PEMASYARAKATAN

Profil Pejabat Struktural

Reynhard SP Silitonga

Direktur Jenderal Pemasyarakatan

Sekretaris

Direktorat Jenderal Pemasyarakatan

Direktur Keamanan dan Ketertiban

Direktur Pelayanan Tahanan dan

Pengelolaan Basan dan Baran

Direktur Perawatan Kesehatan

dan Rehabilitasi

Direktur Teknologi Informasi

dan Kerjasama

Direktur Bimbingan Kemasyarakatan

dan Pengentasan Anak

Direktur Pembinaan Narapidana

dan Latihan Kerja Produksi

DIREKTUR JENDERAL PEMASYARAKATAN

Lahir di Medan, 8 September 1967, dan merupakan taruna Akademi Kepolisian Tahun 1989. Sebagai lulusan PTIK, selanjutnya Reynhard memperoleh gelar Magister Manajemen tahun 2005, serta Magister Hukum pada tahun 2017 dari Universitas Padjajaran. Saat ini, Reynhard tengah menempuh Peningkatan Doktor di Universitas Brawijaya.

Berkarir di Kepolisian sejak tahun 1990, pada Januari 2019 Reynhard bergabung dengan Kemenkumham RI sebagai Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual.

Setahun kemudian, pada Januari 2020 didapuk menjadi Direktur Pengawasan Penindakan Keimigrasian Direktorat Jenderal Imigrasi, kemudian diangkat sebagai Direktur Jenderal Pemasyarakatan pada Mei 2020.

SEKRETARIS DIREKTORAT JENDERAL PEMASYARAKATAN

Heni Yuwono adalah putra kelahiran Kebumen, tanggal 05 Juni 1965. Heni Yuwono merupakan lulusan Akademi Ilmu Pemasyarakatan (AKIP) Angkatan XX. Heni memulai kerja perdananya pada Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Banjarmasin pada tahun 1988. Pada tahun 2019, ia menjadi Direktur Pelayanan dan Pengelolaan Basan dan Baran Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas).

Setahun berikutnya, ia dilantik menjadi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Aceh. Sebelum pada akhirnya, ia menjabat sebagai Sekretaris Ditjenpas pada tahun 2021.

DIREKTUR KEAMANAN DAN KETERTIBAN

Abdul Aris adalah putra kelahiran Demak tanggal 06 Januari 1963. Ia adalah lulusan Akademi Ilmu Pemasyarakatan pada tahun 1984. Selanjutnya, ia melanjutkan Pendidikan Strata-1 di Sekolah Tinggi Administrasi Negara (STIA) Jakarta pada tahun 2006. Ia kembali melanjutkan Pendidikan Magisternya di Universitas Bengkulu dengan mengambil gelar Magister Manajemen pada tahun 2012.

Pada tanggal 11 November tahun 2020, ia dipercayakan menjadi Direktur Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengentasan Anak. Saat ini, beliau kembali diamanahkan menjadi Direktur Keamanan dan Ketertiban pada Ditjenpas.

DIREKTUR PELAYANAN TAHANAN DAN PENGELOLAAN BASAN BARAN

Budi Sarwono adalah putra kelahiran Kebumen tanggal 27 Januari 1963/ Ia adalah lulusan Akademi Ilmu Pemasyarakatan tahun 1988. Pada tahun 1996 ia kembali melanjutkan pendidikan Strata-1 di Universitas Jabal Ghafur dengan mengambil jurusan hukum pidana. Selanjutnya di tahun 2008, ia kembali melanjutkan pendidikan Magisternya di Universitas Padjajaran Bandung dengan mengambil jurusan ilmu sosial. 

Pada awal tahun 2020 beliau dilantik menjadi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo. Selanjutnya, beliau kembali dipercayakan menjadi Kepala Kantor Wilayah Kemenenterian Hukum dan HAM Yogya pada tahun 2021. Saat ini, ia menjabat sebagai Direktur Pelayanan Tahanan dan Pengelolaan Basan dan Baran.

DIREKTUR PERAWATAN KESEHATAN DAN REHABILITASI

Muji Raharjo, mengawali karir jabatan sebagai Kepala Pengamanan Rutan Kelas IIB Selong pada tanggal 02 Desember 1997, putra kelahiran Malang tanggal 03 September 1962 ini juga merupakan alumni Akademi Ilmu Pemasyarakatan pada tahun 1985.  Selama menjabat sebagai Kepala Pengamanan Rutan Kelas IIB Selong, Muji berhasil menyelesaikan Pendidikan Strata-1nya di Universitas Al-Azhar Mataram pada tahun 1990.

Memasuki tahun 2006, beliau kembali menyelesaikan pendidikan Magisternya pada Universitas Tradinan II Palembang. Saat ini, ia menjabat sebagai Direktur Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi.

DIREKTUR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KERJA SAMA

Lahir di Kendal, 21 Oktober 1971, Dodot yang saat ini menduduki kursi Direktur Teknologi Informasi dan Kerja Sama merupakan lulusan Akademi Ilmu Pemasyarakatan tahun 1993. Kemudian melanjutkan studi S1 Ilmu Hukum di STHI IBLAM pada tahun 2003, serta meraih gelar Magister Hukum dari institusi yang sama pada tahun 2004.

Selama berkarya di Kemenkumham RI, Dodot beberapa kali menjabat posisi strategis di Biro Perencanaan Kemenkumham RI, Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Bangka Belitung, dan Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Jawa Barat sebelum dilantik menjadi Direktur Teknologi Informasi dan Kerja Sama di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.

DIREKTUR BIMBINGAN KEMASYARAKATAN DAN PENGENTASAN ANAK

Mengawali karir pengabdiannya pada Maret 1991, putra kelahiran Balige, tanggal 01 Juli 1964 ini, kemudian dilantik menjadi Kepala Seksi Binadik pada tanggal 23 Desember 2012. Beliau pernah menjadi Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan pada tahun 2018. Selanjutnya, ia dilantik sebagai Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat pada tahun 2019 dan setahun berikutnya, ia dilantik menjadi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta pada tahun 2020.

Saat ini, ia menjabat sebagai Direktur Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengentasan Anak pada Ditjenpas.

DIREKTUR PEMBINAAN NARAPIDANA DAN LATIHAN KERJA PRODUKSI

Putra kelahiran Tanjung Pura, tanggal 18 Oktober 1962 adalah lulusan Akademi Ilmu Pemasyarakatan pada tahun 1985. Ia menyelesaikan Pendidikan Strata-1 pada Universitas Singsingamangaraja pada tahun 1994 dengan mengambil studi ilmu hukum. Ia kembali menyelesaikan pendidikan Magister Hukum pada Universitas Sumatera Utara pada tahun 2009.

Kemudian, pada tahun 2019, beliau diamanahkan untuk menjadi Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Sukamiskin sebelum pada akhirnya menjabat sebagai Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi pada tahun 2020.